Rabu, 14 Oktober 2009

G30S

Baru berselang 24 jam,gempa yang terjadi di negara tetangga yakni gempa berkekuatan besar di dasar laut mengirim gelombang ke kepulauan Samoa, yang dilaporkan menewaskan sebanyak 14 orang tapi tak sampai menjadi bencana nasional. Dengan kekuatan gempa 8,0 pada skala richter mengguncang wilayah di lepas pantai Samoa Amerika. Tsunami itu mengakibatkan gelombang setinggi 1,57 meter di atas permukaan laut normal di lepas pantai Samoa Amerika, kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik Barat di Hawaii, sehingga menyulut peringatan yang membuat warga di seluruh wilayah tersebut menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi.
Pemerintah Selandia Baru memperkirakan gelombang sekitar satu meter menghantam pantai timur negeri tersebut antara pukul 20.40 GMT (Kamis, 03.40 WIB) dan 21.40 GMT (Kamis, 04.40 WIB).


Tak disangka, masih dalam suasana lebaran, masih hangatnya kue lebaran, ngumpul ma teman dan keluarga dan itupun akan dimulai semua kegiatan di Padang-Sumbar. G30S (Gempa 30 September)Sumbar pun terjadi lagi yang berkekuatan 7,6 skala richter pada pukul 17.16 WIB. Gempa terjadi di lokasi 0.84 Lintang Selatan dan 99.65 Bujur Timur. Pusat gempa berada di arah 57 kilometer barat daya Pariaman, Sumatera Barat dengan kedalaman 71 kM dan jenis gempanya adalah gempa tektonik ( luar negeri mencatat gempa yang mana Jepang mencatat 7,9 SR, sedangkan Amerika 9,3 SR).






Sungguh mengejutkan penduduk padang dan sekitarnya, bahkan gempa tersebut di rasakan hingga aceh dan bahkan sampai ke negara tetangga Malaysia dan Singgapura yang mengalami kerusakan. Gempa merusakkan sejumlah rumah dan pusat perbelanjaan.
Apakah ini "ujian/cobaan" atau Allah SWT "Marah" dengan sikap kita sekarang. Kita bisa koreksi diri apa yang kita di lakukan di bumi Allah SWT. Takut dengan gempa susulan atau ramalan gempa yang lebih besar manusiawi jg, yang penting kita serahkan pada-Nya karena hanya Allah SWT yang tahu dan semuanya sudah tertulis di dalam Al Quran apa yang akan terjadi di akhir zaman ini.

Tidak ada komentar: