Rabu, 11 Januari 2012

Pendidikan Dasar Pecinta Alam Ke V


PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR PECINTA ALAM

(DIKDACALAM) - V

SISPALA OASIS SMKN 2 PADANG DI LUBUK MINTURUN

Sesuai dengan tujuan nasional Indonesia seperti yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945 alinea empat yang menyatakan bahwa pembagunan nasional dilasnakan dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia.

Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari pembangunan bagian dari pembangunan nasional. Didalam Undang – Undang No. 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, ditegaskan bahwa Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang paling sempurna adalah khalifah dipermukaan bumi. Bumi berserta isinya diciptakan untuk dapat dimanfaatkan demi kelangsungan hidup manusia. Namun, pemanfaatan alam beserta isinya secara berlebihan tanpa mengindahkan kelestarian adalah suatu pekerjaan yang merugikan. Pelajaran sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mempunyai kepedulian, intelegensi dan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam, demikian juga hendaknya dengan siswa – siswi SMK Negeri 2 Padang.

Sesuai dengan hal tersebut diatas, maka Siswa Pecinta Alam ( Sispala OASIS ) SMK Negeri 2 Padang telah melaksanakan Pendidikan Dasar Cinta Alam – 5 sebagai syarat mutlak bagi calon anggota untuk bergabung.

Sebagai anggota senior, selayaknyalah membekali calon anggota dengan pengetahuan dasar Kepecinta Alaman. Disamping itu, tentunya untuk menggunggah semangat bela dan cinta tanah air dan kepedulian pada alam sekitar beserta isinya.

Tema Dikdacalam ini adalah “Wujudkan rasa cinta tanah air, kemandirian dan ketakwaan pelajar SMK Negeri 2 Padang dalam kegiatan kepecinta alaman.”

Adapun tujuan dari Dikdacalam ini adalah untuk membina dan mendidik fisik, mental – spiritual dan intelegensi siswa SMK Negeri 2 Padang dalam rangka turut serta membentuk manusia Indonesia seutuhnya, menyalurkan dharma bakti dalam pembangunan nasional yang percaya diri, beradab, beriman, bertakwa, serta mempunyai rasa cinta terhadap tanah air dalam mencapai tujuan nasional bansa Indonesia yang berdasarkan Pancasila, guna :

a. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang Maha Esa

b. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

c. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani

d. Memanfaatkan kepribadian dan mandiri

e. Mempertebal rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan

Jenis kegiatan ini berupa Pendidikan Dasar Cinta Alam yang ke 5 kali diadakan. Untuk selanjutnya disebut : Dikdacalam – 5 SISPALA OASIS SMK Negeri 2 Padang.

Setelah mereka belajar secara teori dengan angkatan sebelumnya maupun dengan MPALH UNP selaku instruktur, maka diperlukan pemahaman materi secara praktek dilapangan. Adapun materi yang diterima berupa :

1. SAR

2. P3K outdoor

3. Survival

4. Manajemen ekspedisi

5. Membuat bivak

6. Navigasi darat

Pelaksanaan kegiatan ini adalah Organisasi Sispala OASIS SMK Negeri 2 Padang dengan didampingi oleh Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (MPALH) UNP sebagai instruktur dan tetap berada dibawah pengawasan dari Pembina Sispala OASIS SMK Negeri 2 Padang. Yang pelaksanaannya dilakukan di Desa Baringin – Lubuk Minturun Kota Padang.

Peserta Dikdacalam ke 5 ini adalah siswa/i SMK Negeri 2 Padang yang telah mendaftar dan memenuhi syarat untuk memenuhi Dikdacalam -5. Calon anggota di seleksi dengan kegiatan teori dan praktek.

Setelah mengikuti Dikdacalam dan dinyatakan lulus oleh instruktur, maka calon anggota telah dapat diangkat menjadi anggota tetap (aktif) Sispala OASIS SMKN 2 Padang dengan dinyatakan berupa berita acara dan pelantikan oleh Kepala SMKN 2 Padang yang telah ada surat keputusannya. Setiap anggota yang telah sah jadi anggota tetap akan diberikan kacu dan nomor anggota (NAG).

Pelantikkan Angkatan ke 4 Sispala OASIS SMKN 2 Padang dilakukan pada saat upacara bendera pada hari senin tanggal 2 Januari 2012, Angkatan ke 4 (empat) TP. 2011/2012 yang mana dilantik langsung oleh Kepala SMKN 2 Padang Bapak H. Edi Suheri, M.M yang didampingi Pembina OSIS sekaligus Pembina Sispala OASIS SMKN 2 Padang, Wakil Kepala Drs. Rusmadi, M.Pd dan Bapak Suhandi, S.P (Pembina OSIS). Adapun siswa tersebut adalah: Fatimah Binti Sari (Kelas X Pemasaran 3), Nofiri Aryanti (Kelas X Pemasaran 1), Novia Kemala Sari (Kelas X Akuntansi 2), Novika Sri Wahyuni (Kelas X Teknologi Komputer dan Jaringan), Oktaviani (Kelas X Pemasaran 3), Rahman ((Kelas X Teknologi Komputer dan Jaringan), dan Suci Indriani (Kelas X Akuntansi 2). (Foto diatas : bersama Bapak Suhandi,S.P (pembina OSIS), Ilham Ilahi Al Muharami (Ketua Umum TP. 2011/2012), Suci Indriani, Rahman, Bapak Dr. Harlen (Pembina OSIS/Sispala), Bapak Drs. H. Edi Suheri , M.M (Kepala SMKN 2 Padang), Oktaviani, Novika Sri Wahyuni, Novia Kemala Sari, Nofiri Aryanti, Ria Rizki Archan (Ketua Umum Sispala OASIS TP. 2010/2011).

Dengan diangkatnya anggota baru di Sispala OASIS SMKN 2 Padang ini diharapkan muncul generasi bangsa yang mempunyai kepedulian, intelegensi dan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk sekolah lain untuk membentuk organisasi Siswa Pecinta Alam (Sispala) menciptakan generasi penerus penyelamat bumi.

SAVE OF THE WORLD, NOW.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

i like it....jaya trus sispala oasis smkn 2 padang, sebagai anggota perintis saya bangga dengan sispala oasis, jalin terus hubungan kekeluargaan,,,,salam lestari....